Free Consultation

Legal Service

Pendirian Perusahaan

Share

Pendirian PT PMA - Untuk siapa dan apa manfaatnya

Pendirian PT PMA mengacu pada proses pendirian perseroan terbatas milik warga negara asing (PT PMA) di Indonesia. PT PMA adalah singkatan dari Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing. Pendirian PT PMA dirancang khusus untuk investor asing yang berniat mendirikan perusahaan atau memperluas operasi bisnis mereka di Indonesia. Hal ini memberikan kerangka hukum bagi investor asing untuk berpartisipasi dalam berbagai sektor tunduk pada pembatasan dan peraturan tertentu.

Investor asing dapat melakukan pendirian PT PMA untuk mendirikan perusahaan baru atau mengakuisisi perusahaan lokal yang sudah ada. Proses pendirian memungkinkan mereka untuk beroperasi di berbagai sektor seperti manufaktur, jasa, perdagangan, konstruksi, pertanian, dan masih banyak lagi, tergantung pada peraturan dan batasan investasi yang berlaku.

Penting untuk dicatat bahwa pendirian PT PMA tunduk pada kriteria kelayakan tertentu, termasuk persyaratan modal minimum, peraturan sektoral, dan kepatuhan terhadap pembatasan kepemilikan asing. Proses ini melibatkan berbagai langkah, seperti mendapatkan lisensi, izin, dan memenuhi persyaratan administratif, yang semuanya diawasi oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Indonesia. Di Actual Legal, kami memiliki tenaga ahli yang dapat membantu Anda mendirikan PT PMA dan menavigasi prosesnya, memastikan kepatuhan, serta memaksimalkan peluang investasi Anda di Indonesia.

Langkah-langkah untuk mendirikanPT PMA di Indonesia

  1. Daftarkan nama perusahaan ke Notaris. Nama harus terdiri dari 3 kata dan tidak diperbolehkan menggunakan bahasa Asing
  2. Menentukan Klasifikasi Usaha sesuai dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia.
  3. Notaris akan membuat draft Akta Pendirian
  4. Persetujuan Keputusan akan dikeluarkan oleh Kementerian Hukum & Hak Asasi Manusia
  5. Mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  6. Mendapatkan Nomor Registrasi (NIB/Nomor Induk Berusaha)
  7. Mendapatkan Izin Usaha melalui Sistem Online Single Submission
  8. Mendapatkan Izin usaha lainnya (jika ada)

Keuntungan Mendirikan PT PMA di Indonesia

Kepemilikan Asing: Salah satu keuntungan utama PT PMA adalah memungkinkan kepemilikan asing di berbagai sektor. Sementara perusahaan PT lokal biasanya terbatas pada kepemilikan warga negara Indonesia, PT PMA memungkinkan investor asing untuk memiliki kepemilikan mayoritas atau 100%, tergantung pada sektor dan peraturan yang berlaku. Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar dan keleluasaan bagi investor asing dalam mengelola bisnis mereka.

Akses Pasar: PT PMA memiliki akses ke berbagai sektor bisnis yang lebih luas dibandingkan dengan perusahaan PT lokal. Sektor-sektor tertentu, seperti telekomunikasi, transportasi, perawatan kesehatan, dan e-commerce, mungkin memiliki batasan untuk perusahaan PT lokal tetapi terbuka untuk investasi asing melalui PT PMA. Hal ini memperluas peluang pasar bagi investor asing di Indonesia.

Perlindungan Hukum: Sebagai entitas milik asing yang terdaftar, PT PMA mendapatkan perlindungan hukum di bawah hukum Indonesia. Perlindungan ini mencakup hak milik, hak kekayaan intelektual, perjanjian kontrak, dan akses ke mekanisme penyelesaian sengketa. PT PMA menyediakan kerangka hukum yang diakui yang melindungi kepentingan dan hak-hak investor asing yang beroperasi di Indonesia.

Reputasi Internasional: Beroperasi sebagai PT PMA dapat meningkatkan citra dan reputasi internasional perusahaan investor asing. Hal ini menunjukkan komitmen untuk investasi jangka panjang di Indonesia dan menandakan kepatuhan terhadap peraturan lokal. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dari mitra bisnis, pelanggan, dan pemangku kepentingan, memfasilitasi pertumbuhan bisnis dan kemitraan.

Persyaratan Minimum untuk Mendirikan PT PMA di Indonesia

Untuk mendaftarkan PT PMA (Perseroan Terbatas Penanaman Modal Asing) di Indonesia,
bisnis harus memiliki:

  • Minimal 2 Pemegang Saham
  • Identitas dan rincian kontak Pemegang Saham Perusahaan, dengan persyaratan sebagai berikut:
  1. Perorangan Indonesia akan membutuhkan KTP dan NPWP
  2. Perorangan asing akan membutuhkan paspor yang masih berlaku
  • Selain itu, Perusahaan Indonesia akan membutuhkan salinan Anggaran Dasar, surat persetujuan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Surat Keterangan Domisili, NPWP, dan izin pendukung lainnya. Untuk memahami lebih lanjut tentang dokumen yang Anda perlukan untuk mendaftarkan PT PMA Anda, silakan hubungi kami di sini untuk konsultasi gratis.
  • Perusahaan Asing juga harus memberikan salinan Anggaran Dasar dalam bahasa Inggris atau terjemahannya dalam bahasa Indonesia dari penerjemah yang bersertifikat.
  • Identitas dan rincian kontak Direktur dan Komisaris Perusahaan:
  • Direktur dan Komisaris Indonesia harus memberikan KTP, NPWP, email, dan nomor telepon
  • Individu asing harus memberikan paspor, email dan nomor telepon yang masih berlaku.

Kontak Actual Legal Nah Sobat Legal, itulah syarat serta cara untuk mendirikan PT PMA. Bagi Sobat Legal yang membutuhkan bantuan untuk mendirikan PT PMA, Actual Legal siap membantu Sobat Legal melakukan pengurusan izin pendirian PT PMA. Actual Legal menjamin bahwa data milik Sobat Legal akan aman dan terlindungi. Yang paling penting, proses pengerjaan pengurusan izin akan dilakukan secara cepat dan efisien oleh ahli hukum yang profesional. Lebih lanjut, Sobat Legal dapat langsung mengunjungi laman Pendirian Badan Usaha. Jika Sobat Legal memiliki pertanyaan mengenai pendirian yayasan atau ingin berkonsultasi mengenai masalah hukum lainnya, jangan ragu untuk menghubungi Actual Legal.

Open chat
1
Butuh bantuan ?
Scan the code
Customer Service : Actual Legal
Halo
Ada yang bisa kami bantu?